contact pa cilegon

header website

Dilihat: 56

MATANGKAN DIRI DALAM MENGHADAPI PERKARA EKONOMI SYARIAH

HAKIM PA CILEGON IKUTI SERTIFIKASI EKONOMI SYARIAH

pa-cilegon.go.id

Cilegon, Kamis (18/11)  – Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khusunya para Hakim di Lingkungan Peradilan Agama perihal perkara Ekonomi Syariah, Mahkamah Agung untuk kesekian kalinya mengadakan Pelatihan Sertifikasi Ekonomi Syariah Bagi Hakim Peradilan Agama Seluruh Indonesia bagi Hakim Lingkungan Peradilan Agama seluruh Indonesia yang dilaksanakan mulai dari tanggal 18 Oktober s.d 16 November 2021, kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan, Tahap I pembelajaran dilaksanakan secara online, Tahap II pembelajaran dilakukan secara Klasikal - tatap muka, Tahap III peserta diminta untuk melakukan bedah kasus yang dilakukan secara klasikal. Adapun pelaksanaan kegiatan secara klasikal (tatap muka) dilaksanakan selama 2 (dua) pekan yang bertempat di Pusat Pendidikan dan Latihan Mahkamah Agung RI yang berada di Megamendung - Bogor.

1 ekosyar new

Perluasan wewenang pengadilan agama setelah diundangkannya Undang-undang No 3 tahun 2006 tentang perubahan Undang-undang No.7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama, antara lain di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syari’ah (pasal 49). Penyebutan ekonomi syariah menjadi penegas bahwa kewenangan pengadilan agama tidak dibatasi dengan menyelesaikan sengketa di bidang perbankan saja, melainkan juga di bidang ekonomi syariah lainnya. Misalnya, lembaga keuangan mikro syariah, asuransi syariah, reasuransi syariah, reksa dana syariah, obligasi dan surat berjangka menengah syariah, sekuritas syariah, pembiayaan syariah, pegadaian syariah, dana pensiun lembaga keuangan syariah dan bisnis syariah.

Sengketa ekonomi syariah didasarkan pada prinsip - prinsip Syariah dimana al Qur’an, Hadits Rasul, ijtihad para ahli hukum Islam dijadikan pedoman dalam beracara hanyalah Pengadilan Agama, memperhatikan hal tersebut sebuah keniscayaan apabila sengketa ekonomi Syariah diselesaikan di Pengadilan Agama.

2 ekosyar

Peradilan Agama dalam hal penanganan Ekonomi Syariah ditegaskan kembali dalam pasal 55 ayat (1) Undnag – Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan syariah yang menyatakan bahwa apabila terjadi sengketa dibidang Perbankan syariah, maka penyelesaian sengketa diajukan ke Pengadilan Agama, dalam hal ini Pengadilan Agama mempunyai Hak dan wewenang untuk menerima, mengadili dan memutus perkara tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, Mahkamah Agung RI menyelenggarakan pelatihan Sertifiaksi Hakim Ekonomi Syariah guna meningkatkan kompetensi dan kemampuan Hakim dalam menangani perkara ekonomi syariah.

3 ekosyar

Adapun Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Ekonomi Syariah berjumlah 45 (empat puluh lima) orang dimana salah satu dari peserta tersebut adalah Abdul Mustopa, S.H.I., M.H. Wakil Ketua PA Cilegon, yang dari awal sudah memantapkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan serius. Ketika ditanya mengenai harapan setelah mengikuti pelatihan selama 2 (dua) pekan kemarin, di ruang kerjanya ia menuturkan “ Saya adalah orang yang beruntung dapat kesempatan mengikuti Pelatihan Ekonomi Syariah, disitu saya dapat banyak tambahan ilmu khususnya terkait perkara Ekonomi Syariah, apalagi yang menjadi nara sumber adalah orang-orang hebat yang sudah diakui kredibilitasnya, segala ilmu yang saya dapat akan saya tularkan kepada teman-teman Hakim agar dapat menangani perkara ekonomi syariah dengan baik dan dapat memberikan putusan seadil-adilnya, karena mahkota seorang Hakim adalah putusan, tuturnya” . (ByCL)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020