contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 76

MENGURANGI ANGKA PERNIKAHAN DI BAWAH TANGAN
PA CILEGON SELENGGARAKAN ISBAT NIKAH

Cilegon - Kunjungan Camat Ciwandan Agus Ariyadi, S.STP., M.Si bebrapa waktu lalu ke PA Cilegon membuahkan hasil, pada Hari ini Jum’at (3/12) Kecamatan Ciwandan bekerjasama dengan Baznas Kota Cilegon menggelar sidang Isbat Nikah di Wilayah Kecamatan Ciwandan. Sejumlah 15 personil PA Cilegon yang terdiri dari Ketua, 3 Orang Hakim, Panitera, 4 Panitera Pengganti, 3 Jurusita, 1 Operator dan 2 orang bagian perlengkapan diterjunkan untuk pelaksanaan sidang Isbat nikah tersebut.

Kegiatan berlangsung di Kantor Kecamatan Ciwandan pada pukul 09.00 Wib, tampak terlihat sejumlah 55 (lima puluh lima) pasangan yang hadir sebagaimana yang sudah mendaftarkan permohonan untuk Isbat Nikah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Nyonya H. Helldy Agustian, S.E., S.H. Walikota Kota Cilegon, Camat Ciwandan, Perwakilan dari Dukcapil, Perwakilan Baznas.

Isbat 1

Acara dibuka secara langsung oleh Camat Ciwandan, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelengaraan isbat nikah ini adalah merupakan bentuk dari pelayanan kami terhadap masyarakat yang berada di Wilayah Ciwandan, kami mendata warga kami yang pernikahannya belum terdaftar di KUA agar mendaftarkan pernikahannya secara sah dimata hukum melalui permohonan isbat nikah yang kami ajukan ke Pengadilan Agama Cilegon, ucapnya. Sengaja kami (Kecamatan Ciwandan - red) memfasilitasi kegiatan ini agar berjalan dengan baik dan lancar, karena kami mempunyai prinsip melayani masyarakat bukan dilayani, tandasnya.

Dalam sambutannya, Ahyar siddiq, S.E.I., M.Si mengemukakan tujuan dari dilaksanakan nya isbat nikah ini adalah guna tertib administrasi kenegaraan “ Buku nikah merupakan dokumen penting bagi pasangan yang telah menikah, karena hal tersebut merupakan bukti outentik yang sah bagi sebuah pernikahan” sangat disayangkan sekali jika saat ini pasangan muda masih melakukan pernikahan dibawah tangan, karena bukan hanya suami isteri saja yang akan dirugikan, akan tetapi dampak jangka panjangnya bagi anak yang dilahirkan, ujarnya. Lebih lanjut ia menghimbau kepada masyarakat yang hadir, agar kedepannya jangan ada lagi pasangan yang menikah dibawah tangan, karena ini juga merupakan salah satu program Walikota Kota Cilegon yang mengahrapkan warganya untuk mencatatkan pernikahan nya di KUA.

Isbat 2

Dari sejumlah 55 (lima puluh lima) perkara yang terdaftar, tidak semuanya dapat dikabulkan, ada 4 (tiga) perkara yang di NO (tidak dapat diterima) karena tidak sesuai dengan peraturan dperundang-undangan yang berlaku dan tidak memenuhi persyaratan adminstrasi, 2 (dua) perkara gugur karena yang bersangkutan tidak hadir dan 1 perkara lagi ditunda karena tidak membawa saksi.

Isbat 3

Tampak terlihat raut wajah bahagia pada pasangan yang telah di isbat nikahkan ketika diakhir kegiatan dilakukan penyerahan Putusan Isbat Nikah secara simbolis. (ByCL)

Isbat 4

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020