contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 105

MEMUDAHKAN MASYARAKAT KOTA CILEGON

PA CILEGON CIPTAKAN INOVASI LIVE STREAMING

ANTRIAN SIDANG DAN ANTRIAN PELAYANAN

pa-cilegon.go.id

Cilegon - Panjangnya menunggu antrian sidang dan antrian pelayanan kini tak lagi dirasakan oleh masyarakat kota Cilegon, khususnya pihak perkara yang mengurus perkaranya di Pengadilan Agama Cilegon baik itu penyelesaian perkara ataupun hanya sekedar melakukan permohonan informasi.

Pasalnya mulai Hari Senin (5/12) PA Cilegon telah menciptakan sebuah inovasi “ Live Streaming Antrian Sidang dan Antrian Pelayanan” dimana aplikasi tersebut diciptakan atas dasar kritik dan saran dari masyarakat yang menginginkan adanya kemudahan dalam melakukan persidangan dan pemberian layanan yang tidak harus mengantri di PA Cilegon.

Sebut saja si mawar salah satu pihak perkara yang tidak ingin disebutkan namanya kala itu, ia mengeluhkan antrian persidangan “ mba nomor antri saya nomor urut 11 (sebelas) kira - kira nomor urut ini dipanggil jam berapa ya nanti, masalahnya saya ada keperluan ke sekolahan anak tanyanya kepada Dewi petugas jaga sidang” dengan cepat dewi pun menjelaskan, Mohon maaf kalau untuk kepastiannya saya tidak dapat memastikan bu, dikarenakan persidangan ini kan macam - macam agendanya, ada yang sidang pertama, pemeriksaan saksi dan sebagainya, jadi tidak dapat dipastikan nomor antrian ibu akan dimulai sidang jam berapa, ucap dewi.

Berangkat dari hal tersebut, Pimpinan PA Cilegon langsung bergegas untu menindaklanjutinya dan langsung mempercayakan kepada TIM IT PA Cilegon Iqbal Syahputera dan Dian Amalia untuk membuatkan inovasi berbasis digital yang dapat menjawab dan menyelesaikan kritik dan saran dari pihak perkara tersebut.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Iqbal salah satu Tim IT yang ditemui oleh tim redaksi mengutarakan awal mula inovasi “ Live Streaming Antrian Sidang dan Antrian Pelayanan” tersebut dibuat “ awal mulanya pimpinan melakukan rapat terbatas dengan Tim IT, dimana dalam rapat terbatas tersebut pimpinan memberikan sebuah inspirasi terhadap solusi permasalahan perihal antrian persidangan dan antrian pelayanan, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, usahakan agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan pihak perkara, ujar Ketua PA Cielgon Ahyar Siddiq, S.E.I., M.H.I. hal senada juga disampaikan oleh Abdul Mustopa, S.H.I., M.H.I. yang menyampaikan agar segera dibuat sebuah inovasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam pemberian layanan.

Screenshot stream 1

Lebih lanjut iqbal menyampaikan bahwa sejak dilaksanakannya rapat tersebut, tak butuh waktu lama untuk merealisasikannya, dimana pada hari Kamis (2/12) yang lalu kami sudah melakukan uji coba inovasi live streaming Antrian sidang dan Antrian Pelayanan, Alhamdulilah pada saat melakukan uji coba tersebut tidak ada kendala yang signifikan, semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan, ungkap Iqbal pada Tim Redaksi;

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa dengan adanya inovasi ini akan dapat memudahkan masyarakat, khususnya pihak perkara dalam mendapatkan informasi terupdate terkait antrian persidangan dan antrian pelayanan sehingga masyarakat dapat memantau antrian melalui Live streaming yaitu melalui kanal youtube Pengadilan Agama Cilegon, sehingga masyarakat tidak menunggu lama pada saat melakukan tahap persidangan ataupun pelayanan.

Inovasi ini dapat dilakukan melalui scan barcode yang tertera pada banner yang tersedia di kantor PA Cilegon atau bisa melihat secara langsung melalui kanal Youtube PA Cilegon yakni: https://www.youtube.com/c/PengadilanAgamaCilegon paparnya. (ByCL)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020