contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 72

BENAHI ADMINITRASI PERKARA

PTA BANTEN LAKUKAN PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI YUSTISIAL


pa-cilegon.go.id

Cilegon - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas Hakim serta Tenaga Teknis di PA Cilegon khususnya terkait administrasi Yustisial dan Teknis Yustisial PTA Banten melakukan pembinaan dan pengawasan rutin sejak 3 (tiga) hari kemarin, yakni sejak tanggal 13 s.d 15 desember 2021.

Kegiatan pembinaan dan pemeriksaan teknis dan administrasi Yustisial dipimpin secara langsung oleh Ketua PTA Banten Dr. H.A. Chiri, S.H., M.H. di dampingi oleh 2 (dua) orang Hakim Tinggi yakni Dr. H. Hardinal, M.Hum dan Drs. H. Muhiddin, S.H., M.H. beserta 5 (lima) orang anggota Tim lainnya.

Pelaksanaan pembinaan dan Pemeriksaan rutin ini dilakukan melalui mekanisme pangamatan yang dilakukan secara langsung, dengan mengadakan perbandingan antara sesuatu yang telah atau akan dilaksanakan dengan sesuatu tang seharusnya dilaksanakan menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dihari pertama Senin (13/12) Tim melakukan observasi terhadap pelayanan yang diberikan oleh PA Cilegon terhadap masyarakat pencari keadilan yang didampingi oleh Wakil Ketua Abdul Mustopa, S.H.I., M.H beserta Sekretaris dan Panitera. Pada saat observasi tersebut salah satu tim menanyakan kepada petugas Layanan perihal antrian sidang, apakah di PA Cilegon masih menggunakan cara manual atau seperti apa prosesnya, Dewi salah satu petugas layanan memberikan informasi kepada Tim bahwa di PA Cilegon saat ini untuk antrian baik pelayanan maupun persidangan para pihak bisa melihat secara langsung melalui live streaming di kanal youtube PA Cilegon, jadi pihak bisa melakukan aktivitas lainnya tidak harus menunggu di kantor PA Cilegon, ucapnya kepada Tim pembinaan dan pemeriksaan PTA Banten.

berita 151221 1
Tim Pembinaan dan Pemeriksaan Teknis Yustisial pada saat melakukan observasi dilapangan

Bertempat di ruang Media Center PA Cilegon di hari kedua (14/12) Tim melakukan pemeriksaan terhadap berkas perkara yang sudah minutasi, dimana dalam pemeriksaan ini dibagi menjadi 2 (dua) yakni pemeriksaan Administrasi Yustisial yang beranggotakan H. Rifki, S.H., M.Hum dan Hj. Nurhayati, S.H. sedangkan untuk pemeriksaan di bidang Teknis Yustisial dilakukan oleh 2 (dua) Hakim Tinggi yang sangat mumpuni, selain pemeriksaan berkas juga dilakukan wawancara terhadap pihak terkait seperti para Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Jurusita serta Kasir terkait pencairan biaya pemanggilan.

berita 151221 2
Tim pada saat melakukan ekspose

Dihari terakhir Rabu (15/12) Bertempat di ruang sidang Utama, pukul 08.15 Wib dilakukan ekspose, dalam ekspose tersebut dipaparkan beberapa hasil temuan tim selama melakukan pemeriksaan. Dalam Sambutan nya Ketua PTA Banten mengingatkan kepada aparatur PA Cielgon khususnya para Hakim dan Tenaga Teknis Peradilan untuk lebih cermat dan teliti dalam menuangkan putusan, terutama jika berkaitan dengan hasil mediasi berhasil sebagian, hasil mediasi tersebut agar dijadikan pertimbangan dalam putusan, kita adalah lembaga yang dipercaya untuk memutus suatu perkara secara adil, oleh karenanya kita harus menjunjung tinggi marwah lembaga peradilan yang kita cintai ini, ucapnya.

berita 151221 3
Seluruh Aparatur PA Cilegon mengikuti ekspose yang dilakukan oleh PTA Banten

Dalam kesempatan yang sama salah satu anggota Tim Dr. H. Hardinal, M.Hum mengingatkan kepada seluruh aparatur PA Cilegon bahwa Atribut Pin Zona Integritas yang kita kenakan sehari-hari adalah sebuah lambang yang menunjukan kita (aparatur peradilan – red) untuk melayani masyarakat, oleh karenanya yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu instansi adalah masyarakat, dan perlu diingat bahwa mahkota seorang Hakim adalah putusan dan Identitas Hakim adalah Integritas, ungkapnya.

Ahyar Siddiq, S.E.I, M.H.I. selaku ketua PA Cilegon mengajak kepada seluruh jajarannya agar hasil temuan yang dipaparkan oleh Tim janganlah dijadikan sebuah beban, akan tetapi hal tersebut jadikan lah sebuah pembelajaran bagi kita kedepannya, marilah kita berkomitmen untuk selalu berbenah diri kearah yang lebih baik dalam hal apapun itu, tetap jaga solidaritas dan bersama - sama kita jaga nama baik lembaga yang kita banggakan ini.

berita 151221 4
Penyerahan lembaran temuan dari KPTA Banten kepada Ketua PA Cilegon

Sebelum dilakukan penyerahan lembar temuan pemeriksaan oleh Ketua PTA Banten kepada Ketua PA Cilegon Ahyar siddiq, S.E.I., M.H.I., Ketua PTA Banten Dr. H.A. Chiri, S.H., M.H. mengingatkan bahwa seluruh temuan dituangkan pada Lembar Temuan, lembar temuan tersebut berisi kondisi, kriteria, temuan dan perbaikan. Dan terhadap temuan - temuan yang dituangkan pada lembar temuan agar segera dilakukan perbaikan dan ditindaklanjuti, dan diharapkan pada saat dilakukan pembinaan dan pemeriksaan selanjutnya tidak ditemukan hal yang sama, ujarnya diakhir acara. (ByCL)

berita 151221 5
Sesi foto bersama

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020