contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 98

TEKAN PERNIKAHAN USIA DINI

PA CILEGON LAKUKAN PENANDATANGANAN MoU DENGAN

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

 

pa-cilegon.go.id

Cilegon - Menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 tanggal 22 April 2002 perihal Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan atas Peraturan Mahkamah Agung RI Nnomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman mengadili permohonan Dispensasi Kawin dan Surat Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian kesehatan RI Nomor HK.01.2/B/275/2022 tanggal 11 April 2022 perihal Tindak lanjut Audiensi Dispensasi Perkawinan.

Rabu (28/7) Wakil Ketua PA Cilegon Abdul Mustopa, S.H.I., M.H. didampingi oleh Humas PA Cilegon beserta Panitera, Sekretaris dan Kasubag Umum Keuangan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Kedatangan rombongan dari PA Cilegon disambut dengan baik dan diterima secara langsung oleh drg. Ratih Purnamasari, M.K.M. di ruang pertemuan.

berita mou 280722 1
Waka PA Cilegon beserta Tim diterima di ruang pertemuan

Pada kesempatan tersebut Waka PA Cilegon menyampaikan bahwa maksud kedatangannya beserta tim adalah untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya yakni guna menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cilegon terkait pengajuan perkara Dispensasi Kawin.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa Dispensasi kawain adalah pengajuan perkara utuk memberikan hak izin menikah walau belum belum mencapai batas minimum usia pernikahan, dimana menurut Undang-undang perkawinan batas minimum usia penikahan dimana laki-laki dan perempuan diizinkan menikah saat mereka berusia 19 tahun. Mengingat hal tersebut, maka kami (pihak pengadilan agama - red) selaku pengambil keputusan dalam hal tersebut akan mempertimbangkan layak atau tidaknya salah satu pertimbangan rekomendasi tersebut.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan bagi masyarakat yang akan mengajukan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama terlebih dahulu melakukan pengecekan kesehatan fisik, dan jika sudah dilakukan pemeriksaan Pihak Dinkes berwenang untuk menerbitkan surat rekomendasi.

Dikatakannya lagi, selain hal tersebut dalam hal ini pihak Dinkes diharapkan mampu memberikan edukasi bagi orangtua calon pengantin anak terkait bahaya perkawinan anak usia dini, baik dari sisi medis maupun biologis, ungkapnya.

berita mou 280722 2
Waka PA Cilegon Abdul Mustopa, S.H.I., M.H. bersama 
Kepala Dinkes Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari, M.K.M. menandatangani perjanjian kerjasama

Penandatanganan MoU (memorandum of understanding) tersebut ditandatangani oleh kedua belah pihak secara langsung oleh Wakil Ketua PA Cielgon dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, tepat pada pukul 13.30 wib waktu setempat. (ByCL)

Comments  

0 # Imah 2022-07-28 16:30
Mudah2an dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kota cilegon.
Reply | Reply with quote | Quote

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Tabayun : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020