contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 57

TERIKNYA PANAS MATAHARI, TAK MENYURUTKAN SEMANGAT

PERSONIL PA CILEGON DALAM MENJALANKAN PEMERIKSAAN SETEMPAT (DESCENTE)

 

pa-cilegon.go.id

Cilegon - Setelah kemarin melakukan Descente (pemeriksaan setempat), hari ini Jum’at (29/7) Pengadilan Agama Cilegon kembali melakukan Descente terhadap Gugatan Harta Bersama Nomor 460/Pdt.G/2022/PA.Clg  yang terdaftar di Pengadilan Agama Cilegon pada tanggal 14 Juni 2022.

Untuk penangan perkara tersebut PA Cilegon menerjunkan personilnya yang terdiri dari Abdul Mustopa, S.H.I., M.H. sebagai Ketua Majelis didampingi oleh Anggota Majelis Aisyah Kahar, S.H dan H. Hafifi, Lc., M.H serta Uswatun Hasanah, S.H.I Panitera Pengganti dan Rizky Fajar, S.H. Jurusita.serta tenaga PPNPN Saepudin. Setelah melakukan beberapa persiapan Tim langsung menuju lokasi untuk melakukan pengukuran dan pengecekan terhadap objek sengketa guna mengetahui luas tanah dan batas-batasnya. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 Wib .

destance

Tim Descente PA Cilegon saat memeriksa salah satu objek sengketa

Pemeriksaan Setempat dihadiri oleh para prinsipal Penggugat dan Tergugat didampingi oleh kuasanya, selain para prinsipal turut hadir dalam kegiatan tersebut pihak kelurahan setempat.  Pemeriksaan Setempat (Descente) ini dilakukan terhadap objek sengketa dalam perkara Harta Bersama, Dimana descente ini merupakan pemeriksaan perkara yang dilakukan diluar gedung atau kantor pengadilan.
Pemeriksaan setempat (descente) adalah pemeriksaan perkara yang dilakukan diluar gedung pengadilan agar hakim dapat mengetahui dengan jelas dan pasti perihal letak, luas dan batas objek sengketa, dalam hal objek sengketa berupa barang - barang tidak bergerak (tanah, sawah, pekarangan dan lain sebagainya) yang pemeriksaannya tidak mungkin dapat dilakukan di dalam ruang sidang pengadilan, maka terhadap objek sengketa tersebut dilakuakn pemeriksaan oleh Majelis Hakim atau minimal oleh seorang Hakim dengan dibantu oleh Panitera Pengganti, baik atas inisiatif hakim (ex officio) maupun atas permintaan salah satu pihak yang berperkara.

destance 1

Tim Descente saat melakukan pengecekan objek sengketa

Menurut Ketua Majelis, bahwa descente ini merupakan dari tahapan persidangan yang dilakukan untuk memastikan keberadaan obyek antara yang ada dalam gugatan dengan kenyataan di Lapangan, apakah obyek sengketa yang terungkap dipersidangan sesuai dengan kondisi riil dilapangan, karena seringkali ditemukan data yang ada dalam gugatan dan kenyataan dilapangan berbeda, sehingga bila Majelis Hakim tidak melakukan descente dikhawatirkan akan ada potensi masuknya hak orang lain yang dapat merugikan pihak-pihak yang tidak berkepentingan terhadap perkara tersebut, jangan sampai Majelis Hakim dalam memutuskan perkara tersebut nantinya non executable (eksekusi yang tidak dapat dijalankan).

Setelah dua hari penuh dilakukan pemeriksaan terhadap objek sengketa, ditengah teriknya cuaca panas kota Cilegon tak menyurutkan Tim Descente untuk melaksankan tugasnya untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan objek sengketa sebanyak sembilan belas objek. Menjelang sore, Majelis Hakim memutuskan untuk menutup pemeriksaan setempat (descente) yang dilakukan pada hari ini. Kegiatan pemeriksaan setempat yang memakan waktu dua hari tersebut berjalan dengan tertib dan aman tanpa ada suatu kendala apapun. (ByCL)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Tabayun : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020