contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 39

PERKUAT LAYANAN PERADILAN BAGI PEREMPUAN

HAKIM PEREMPUAN PA CILEGON, IKUTI DISKUSI HAKIM PEREMPUAN

YANG DISELENGGARAKAN OLEH PTA BANTEN

 

pa-cilegon.go.id

Cilegon - Dalam rangka meningkatkan kualitas hakim dibidang Yudisial, PTA Banten menyelenggarakan diskusi Hakim khusus bagi perempuan, kegiatan yang dilaksanakan di Aula PTA Banten pada Jum’at (11/22) lalu ini diikuti oleh sejumlah hakim perempuan se Wilayah PTA Banten, yang terdiri dari 29 (Dua Puluh Sembilan) orang hakim, 24 (dua puluh empat) peserta berasal dari enam satker yang ada di wilayah PTA Banten, sedangkan hakim tinggi terdiri dari 5 (lima) orang hakim. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 Wib tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua PTA Banten Dr. Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H.

berita 141122 1
KPTA Banten Dr. Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H. saat melakukan pembinaan

Dalam sambutannya KPTA Banten menyampaikan banhwa tujuan dari diadakannya kegiatan diskusi hakim bagi perempuan ini adalah menata eksistansi hakim perempuan guna meningkatkan perlindungan terhadap kaum perempuan dalam berhadapan dengan hukum, selain hal tersebut denagn diadakannya diskusi ini diharapkan dapat memberikan porsi yang lebih luas kepada kaum perempuan Indonesia dari pelaksanaan tatanan hukum yang berkaitan dengan kaum perempuan.

Pada kesempatan kali ini, bertindak sebagai nara sumber yakni Dra. Hj. Siti Ma’ani Nina, M.Si selaku kepala DP3AKKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Provinsi Banten dan Ketua Pengadilan Tinggi Banten Dr. Andriani Nurdin, S.H., M.H.

Dalam tatanan hukum Indonesia, keberadaan perempuan sangat diperhatikan terutama dalam masalah pengajuan perceraian, dimana didalam perundang-undangan diatur untuk pengajuan gugat cerai diajukan ditempat domisili perempuan, sebagaimana diatur dalam Undang - Undang Nomor 7 Tahun 1989 pasal 73 dan 66 yang menyebutkan Gugatan dalam perkara cerai talak dan cerai gugat aiajukan ke Pengadilan daerah hukumnya meliputi tempat kediaman Termohon atau Tergugat, kecuali apabila Termohon atau Tergugat dengan sengaja meninggalkan tempat kediaman yang ditentukan bersama tanpa izin Pemohon atau Penggugat, gugatan diajukan ditempat tinggal Penggugat. Hal ini menunjukan bahwa, keduudkan perempuan ditempatkan lebih pada tempat yang diperhatikan oleh negara, bukan hanya persoalan pengajuan perceraian saja, akan tetapi persoalan terkait hak - hak perempuan pasca perceraian seperti nafkah, idah, maskan termasuk juga dalam hal pengasuhan anak.

berita 141122 2
Suasana saat pelaksanaan diskusi Hakim perempuan di aula PTA Banten

Partisipasi perempuan di penegakan bidang hukum sangat diperhitungkan, dalam melaksanakn tupoksi nya sebagai aparat penegak hukum, hakim perempuan harus mampu untuk menerapkan peraturan - peraturan yang ada, setidaknya harus menerapkan hukum secara normatif, sosiologis dan psikologis .

Acara yang dikemas secara apik tersebut, diikuti dengan antusias oleh peserta yang hadir, dimana dalam kegiatan tersebut diselingi dengan parodi dan pantomin yang diperankan oleh salah satu hakim tinggi yaitu Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. hakim yang dikenal sangat humble dan energik ini mengilustrasikan hakim perempuan yang cerdas, ceria, cekatan dan pekerja keras adalah salah satu sosok yang patut untuk kita teladani kesehariannya, dan ternyata sosok yang diperankannya tersebut adalah mneggambarkan keseharian seorang hakim tinggi perempuan yang saat ini berdinas di PTA Banten yakni Dr. Hj. A. Muliany Hasyim, S.H., M.H., M.Si. usai pertunjukan sontak saja suara tepuk tangan yang gemuruh terdengar di aula tempat diskusi dilaksanakan.

berita 141122 3
Foto Bersama

Pelaksanaan kegiatan yang memakan waktu seharian penuh tersebut ditutup secara langsung oleh KPTA Banten, dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa beliau sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, diharapkan dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi hakim, khususnya hakim perempuan sehingga dapat memperlakukan perempuan sama dihadapan hukum, tanpa adanya diskriminasi. (ByCL)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Tabayun : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020