contact pa cilegon
contact pa cilegon

header website

Dilihat: 49

MAKSIMALKAN PELAYANAN

PA CILEGON LUNCURKAN APLIKASI e-SATRIA DAN PTSP ONLINE

 

pa-cilegon.go.id

Cilegon - Pengadilan Agama Cilegon Kelas IB kembali membuat inovasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan. Teknologi saat ini telah mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya dalam hal pemberian pelayanan, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan media sosial, namun diantara beberapa aplikasi yang ditawarkan tidak semua layanan bisa dibawa kehadapan masyarakat, tetap saja ada layanan yang mengharuskan masyarakat untuk datang langsung dan menunggu antrian untuk dilayani. Untuk menangani masalah seperti ini, kini sudah hadir Aplikasi Antrian Online e- Satria (elektronik sistem antrian terpadu) dan PTSP Online (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Dengan diluncurkannya kedua aplikasi dan inovasi tersebut pada Rabu (16/11) lalu di Ruang Sidang Utama PA Cilegon yang dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MARI Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. dan KPTA Banten yang dalam hal ini diwakili oleh Hakim Tinggi Drs. H. Muslim, S.H., M.H. serta turut hadir Ketua PA Pandeglang Muhammad Idris, S.Ag dan seluruh Aparatur PA Cilegon. Peluncuran aplikasi antrian online e- Satria (elektronik sistem antrian terpadu) dan PTSP online ditandai dengan penayangan vidio aplikasi yang disaksikan secara bersama - sama melalui layar monitor yang tersedia.

Ahyar Siddiq, S.E.I., M.H.I. Ketua PA Cilegon dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terimaksih atas lahirnya aplikasi dan inovasi yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, dengan bangganya ia menyampaikan bahwa aplikasi ini merupakan hasil karya yang dipersembahkan oleh putra dan putri terbaik PA Cilegon yakni Sdr. Nanda Ananta, S.Kom dengan Jabatan Fungsional Pranata Komputer yang baru dilantik pada September lalu dan Sdri. Dian Amalia PPNPN PA Cilegon. Lebih lanjut disampaikannya “Dari pembuatan sebuah aplikasi dan inovasi yang paling bernilai adalah bukan dari kecanggihan aplikasi tersebut, akan tetapi kemudahan aplikasi bagi penggunanya dan satu hal lagi selain kemudahan, kontinuitas disini juga sangat penting, dimana sebagus apapun sebuah aplikasi jika tidak dikelola dengan baik, tentunya tidak akan memberikan manfaat, oleh karenanya kontinuitas sangat diperlukan jangan sampai hanya launching beberapa bulan saja, kemudian hilang begitu saja” ujar Ketua PA Cilegon dalam sambutannya.

launching1

Ketua PA Cilegon Ahyar Siddiq, S.E.I., M.H.I. saat memperlihatkan fitur - fitur aplikasi terbaru

Dalam kesempatan yang sama, Hakim Tinggi PTA Banten menyampaikan bahwa dengan lahirnya sebuah inovasi ini diharapkan akan semakin mamacu PA Cilegon untuk selalu bebenah diri kearah yang positif dalam memberikan pelayanan tanpa terkecuali.

SesDitjen BADILAG ketika memberikan sambutan mengungkapkan bahwa beliau sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas aplikasi dan inovasi yang telah diciptakan ini “ Saya yakin, dengan di dukung SDM yang masih relatif muda dibawah kepemimpinan Bapak Ahyar yang memang sudah tidak diragukan lagi untuk masalah IT, untuk kedepnnya akan lebih maju lagi untuk berinovasi, terutama dalam hal pemberian layanan” ungkapnya.

launching2

SetDirjen BADILAG MARI Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. saat memberikan sambutan dalam peluncuran aplikasi

Berbicara mengenai aplikasinya sendiri, aplikasi antrian online ini dihadirkan ketengah masyarakat untuk memudahkan masyarakat dalam mengantri tanpa perlu mengantri atau menunggu ditempat, masyarakat hanya perlu menggunakan smartphone untuk mengambil nomor antrian dan bisa menunggu dimana saja dan bisa melakukan kegiatan lainnya, setelah menerima nomor antrian elektronik, masyarakat pencari keadilan dapat secara langsung datang ke kantor PA Cilegon untuk menerima layanan tanpa perlu menunggu antrian, ujar nanda ananta ketika ditemui tim radaksi pasa saat mananyakan keunggulan dari aplikasi yang dibuatnya. Aplikasi e-Satria (elektronik sistem antrian terpadu) membuat siapa saja menunggu secara online hanya lewat satu aplikasi, untuk penggunaannya dapat di akses melalui website PA Cilegon yakni antrian.pa-cilegon.go.id pada browser smartphone maupun komputer.

Sedangkan PTSP Online merupakan layanan PTSP yang dapat dikases melalui aplikasi zoom pada smartphone maupun komputer, keunggulan dari aplikasi ini adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan dalam memperoleh segala bentuk informasi pada PA Cilegon tanpa harus datang ke kantor, pungkasnya.

Dalam kegiatan peluncuran aplikasi tersebut, sebagai bentuk penghargaan atas lahirnya sebuah inovasi dan aplikasi diberikan piagam penghargaan kepada Nanda Ananta, S.Kom dan Dian Amalia sebagai Inovator Aplikasi aplikasi antrian Online e-Satria (elektronik sistem antrian terpadu) dan Inovator aplikasi PTSP Online, penghargaan diberikan secara langsung oleh SetDirjen dan Hakim Tinggi PTA Banten yang hadir pada acara tersebut.

launching3

Pemberian penghargaan kepada Inovator Apliaksi e-Satria dan PTSP Online Nanda Ananta, S.Kom dan Dian Amalia

Usai peluncuran aplikasi acara dilanjutkan dengan peresmian Loket PTSP, yang diresmikan secara langsung oleh SetDirjen Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. didampingi oleh Hakim Tinggi Drs. H. Muslim, S.H., M.H. PA Cilegon telah menggunakan sistem loket yakni setiap loket tidak hanya melayani satu jenis layanan, tetapi lebih dari satu jenis pelayanan dengan didukung dengan petugas PTSP yang ramah, handal dan responsif dalam melayani masyarakat pencari keadilan. (ByCL).

launching4

PTSP berbasis loket diresmikan secara langsung oleh SesDirjen BADILAG MARI

launching5

Sesi Foto Bersama

launching6

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilegon

Kompleks Perkantoran Sukmajaya Mandiri, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.5, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Telepon : (0254) 382829

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Tabayun : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Sosial Media

youtube  facebook  instagram

 

@Copyright Pengadilan Agama Cilegon 2020